"Berbagi dengan Sesama, Meskipun Hanya Bisa Memberi Sedikit"

Minggu, 29 Juni 2014

Jurnalistik 2



Suasana Ruang S.6.

Jumat (14/3/2014) jurusan PBSID FKIP UMS semester 2 berkuliah di ruang S.6. Saya mengikuti kuliah tersebut karena saya melakukan perbaikan nilai (revisi). Ruang kelas S.6 ini tergolong sempit. Panjang ruangan sekitar 8 m dan lebarnya 4 m. Walaupun sempit tetapi ruangan ini cukup untuk ditempati mahasiswa yang berjumlah banyak. Selain itu, kelebihan lain dari ruang ini adalah fasilitas yang dapat dikatakan lengkap. Terdapat dua buah AC yang di pasang di bagian depan dan belakang, sehingga menjadikan suhu ruang kelas menjadi dingin. Akan tetapi terkadang AC di ruang kelas ini mati. Apabila AC mati, suhu ruangan akan terasa panas. Hal ini disebabkan karena tidak ada sirkulasi udara di ruangan ini. Kemudian fasilitas lainnya yang ada di ruangan ini antara lain LCD dan papan tulis yang digunakan sebagai media pembelajaran. Penerangan di ruang ini juga memadai. Dua lampu neon panjang berwarna putih, didukung dengan dinding tembok yang dicat warna putih dan krem serta pintu kelas yang terbuat dari kaca menjadikan ruangan ini menjadi terang dan nyaman digunakan untuk belajar.
Selain fasilitas yang lengkap dan penerangan yang memadai, penataan tempat duduk di ruang S.6 juga sangat rapi. Paling depan terdapat meja dosen beserta kursinya yang menghadap ke utara. Di atas meja dosen terdapat sebuah buku tulis dan didalamnya terselip kertas ujian milik salah seorang mahasiswa dalam kondisi sobek. Sedangkan untuk penataan tempat duduk bagi mahasiswa diatur sedemikian rupa; disisi sebelah kanan terdapat lima baris tempat duduk yang ditata ke belakang berjumlah 25. Penataan tempat duduk disisi sebelah kiri sama dengan sisi sebelah kanan, sehingga keseluruhan tempat duduk berjumlah 50 buah. Tempat duduk di ruangan ini sebagian besar nyaman, tetapi ada beberapa tempat duduk yang tidak nyaman dikarenakan sudah rusak.
Jumlah mahasiswa di ruang S.6 disesuaikan dengan jumlah tempat duduk di ruang itu. Para mahasiswa di ruang ini terdiri dari mahasiswa putra dan mahasiswi putri. Dalam mengikuti perkuliahan terdapat beberapa peraturan yang diperuntukkan bagi para mahasiswa dan mahasiswi. Peraturan tersebut tertulis di edaran yang di pasang di tembok ruang kelas S.6. Peraturan itu berlaku bagi mahasiswa putra dan putri. Bagi mahasiswa putra peraturan yang berlaku adalah memakai kemeja, celana panjang yang sopan, dan bersepatu. Sedangkan bagi mahasiswi putri diwajibkan memakai jilbab, bawahan rok panjang yang sopan, dan bersepatu. Untuk jilbab, mahasiswi diberikan kebebasan memakai jilbab yang berbeda-beda antara mahasiswi satu dengan yang lain. Tetapi dari peraturan tersebut masih terdapat beberapa mahasiswa yang melanggar tata tertb perkuliahan. Diantaranya masih terdapat beberapa mahasiswa putra yang memakai kaos oblong untuk kuliah, dan celana sobek di bagian lutut. Hal serupa terjadi pada mahasiswi putri, ada beberapa mahasiswi yang memakai celana panjang ketat, sehingga memperlihatkan lekukan tubuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar